Bur Maras | Robert Adhi Ksp

 


Judul : Bur Maras Keturunan ke-13 Raden Patah

Penulis : Robert Adhi Kusumaputra

Penerbit : PT Bhuana Ilmu Populer

Tahun Terbit : 2015

Tebal : v + 146

ISBN : 978-602-0885-3

Siapa yang tidak mengenal Raden Patah? Bagi para pelajar yang telah mengenyam pelajaran sejarah Raja-Raja Nusantara nama tersebut pasti sudah tidak asing didengar. Yap begitulah ketenaran dari leluhur Bur Maras yang kita kenal sebagai sultan pertama dari Kerajaan Demak. Bur Maras merupakan keturunan ke-13 dari Raden Patah. Namun bukan itu saja lhoo yang membuat Bur Maras dapat terkenal dan berhasil menginspirasi banyak orang. 

Sejak melihat daftar isinya saja telah terbaca bahwa isi dari buku ini lebih dari hanya menceritakan kehidupan Bur Maras beserta sepak terjangnya di level nasional maupun internasional. Buku ini memperlihatkan begitu kuat akar sejarah yang telah tertanam pada keluarga Bur Maras. Cerita sejarah leluhur mereka yaitu Raden Patah diceritakan lebih mendalam karena telah diwariskan secara turun temurun. Secara umum buku ini memiliki kaitan bukti sejarah yang kuat dari pemaparan langsung Bur Maras dan diperkaya kembali dengan sumber sejarah yang kredibel.

Bagian cover dari buku biografi ini cukup tebal dan tidak mudah terlipat sehingga dapat melindungi kertas di bagian dalamnya. Kemudian tulisan dari buku ini juga memiliki jarak atau space yang pas dan tidak terlalu padat sehingga nyaman untuk dibaca. Selain itu buku yang dominan dengan motif berwarna cokelat ini juga dilengkapi dengan beberapa foto dokumentasi dari Bur Maras beserta keluarga. Selama membaca buku ini, saya merasakan sejarah yang dikemas dengan apik terkait hubungan sebab akibat dari keturunan Raja-Raja Nusantara. Bagi penikmat kisah bersejarah, buku ini bisa menjadi salah satu referensi yang ringan dan merupakan salah satu bukti dari eksistensi keturunan Raden Patah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama